TUGAS PRODUKTIF
LAPORAN PENJUALAN TANIA MART
TANGGAL  15  FEBRUARI 2013



Diajukan sebagai Syarat Mengikuti Ujian Akhir Semesester
Tahun Pelajaran 2012/2013















Oleh:
..........................................
NIS. .....................................
KELAS ............................



BIDANG KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN
PROGRAM KEAHLIAN TATA NIAGA
KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN
SMK PESANTREN CIWARINGIN
2013

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL............................................................................................................... i
KATA PENGANTAR............................................................................................................. ii
DAFTAR ISI........................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................................... 1
1.1. Latar Belakang........................................................................................................ 1
1.1.1.       Gambaran Umum Tania Mart..................................................................... 1
1.1.2.       Struktur Organisasi Tania Mart................................................................... 2
1.1.3.       Kegiatan Usaha........................................................................................... 3
1.1.4.       Inventarisasi Peralatan Tania Mart.............................................................. 4
1.2. TUJUAN................................................................................................................ 6
1.2.1.      Tujuan Pelaksanaan tugas produktif............................................................ 6
1.2.2.      Tujuan Pembuatan Laporan......................................................................... 6
BAB II PROSES PELAKSANAAN.................................................................................... 7
2.1. Waktu Dan Tempat Pelaksanaan.......................................................................... 7
2.2. Alat Dan Perlengkapan........................................................................................ 7
2.3. Sketsa Kerja......................................................................................................... 7
2.4. Proses Pengerjaan................................................................................................. 8
2.4.1.      Melakukan Proses Administrasi Transaksi................................................ 8
2.4.2.      Melakukan Pemasaran Barang Dan Jasa................................................... 14
2.4.3.      Melakukan pemasaran usaha ritel.............................................................. 15
2.4.4.      Melaksanakan Pelayanan Prima (Service Excelent)................................... 16
2.4.5.      Mempersiapkan Dan Mengoperasikan Peralatan Transaksi Di Lokasi Penjualan            18
BAB III TEMUAN................................................................................................................ 20
3.1. Faktor Pendukung Dan Penghambat................................................................. 20
3.2. Manfaat Yang Dirasakan................................................................................... 20
3.3. Pengembangan/Tindak Lanjut........................................................................... 21
BAB V PENUTUP................................................................................................................. 23
4.1. Kesimpulan......................................................................................................... 23
4.2. Saran................................................................................................................... 23
LAMPIRAN-LAMPIRAN







LEMBAR PERSETUJUAN

LAPORAN PENJUALAN TANIA MART
TANGGAL  15 FEBRUARI  2013


Kompetensi  Keahlian          : Pemasaran
Program Keahlian      : Tata Niaga








Diajukan Oleh:
...........................................
NIS. ...........................................
KELAS. ...........................................


Menyetujui,
KAPROG TATA NIAGA                                                     PEMBIMBING

Qurrotul Uyun, SE., ME.Sy.                                             Sri Wahyuningsih, S.Pd.
Mengetahui,
Kepala SMKP Ciwaringin

Drs. Sahidi, M..Si


KATA PENGANTAR


Dengan segala puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT. atas segala rahmat yang diberikan, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan penjualan tanggal 21 Januari 2013.
Pada kesempatan ini,  penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada berbagai pihak yang telah membantu menyelesaikan laporan penjualan ini. Ucapan terima kasih dan penghargaan penulis sampaikan kepada:
1.    Kepala Sekolah
2.    Wakahubin
3.    Kaprog Tata Niaga
4.    Guru Produktif Tata Niaga SMK Pesantren Ciwaringin
5.    Kedua Orang Tua
6.    ....

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan laporan ini, karena keterbatasn penulis, untuk itu  kritik dan saran yang bersifat membangun demi penyempurnaan laporan ini. Akhirnya semoga laporan penjualan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan.

Ciwaringin, April 2013

Penulis,



BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
1.1.1   Gambaran Umum Tania Mart
Tania Mart adalah sebuah usaha ritel dengan format mini market yang didirikan oleh SMK Pesantren Ciwaringin Program Keahlian Tata Niaga. Nama Tania Mart adalah akronim dari kata Tata Niaga yang merupakan salah satu program keahlian di SMK Pesantren Ciwaringin.
Tania Mart di resmikan pada tanggal 26 September 2012 dengan tujuan sebagai tempat praktek siswa Tata niaga untuk menerapkan teori dan praktek dalam dunia usaha. Gerai ini menjual berbagai produk makanan, minuman dan barang kebutuhan hidup lainnya. Lebih dari 200 produk  makanan dan barang kebutuhan hidup lainnya tersedia dengan harga bersaing, memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari.
Sejarah
Tania Mart ini berawal dari kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
1.      BAZAR PRODUK SISWA, tanggal 14 Juni s/d 17 Juni 2012.
Pada bazar yang pertama kali dilaksanakan mempunyai tujuan menyelaraskan antara teori dan praktek dan memperkenalkan dan menjual produk-produk hasil kreasi siswa tata niaga yaitu berbagai macam tas, aksesoris, dan makanan ringan.
2.      BAZAR MOS, Tanggal 9 Juli s/d 14 Juli 2012.
Pada bazar yang kedua dilaksanakan dengan tujuan menyediakan produk persyaratan-persyaratan Masa Orientasi Siswa (MOS) SMK Pesantren Ciwaringin. Dalam bazar ini menjual produk yang lebih bervariasi dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak seperti Toko Gunung Agung, Grosir boneka dan aksesoris dengan sistem konsinyasi.
3.      BAZAR MUNAS NU di Kempek, Tanggal 14 September s/d 17 September 2012.
Pada bazar yang terakhir dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan program keahlian Tata Niaga SMK Pesantren Ciwaringin kepada masyarakat umum. Dalam bazar ini menjual produk yang lebih bervariasi dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak seperti Sosro, Prima dan produk supply siswa dengan sistem konsinyasi.



1.1.2   Struktur Organisasi Tania Mart
 














1.1.3    Kegiatan Usaha
Tania Mart melakukan kegiatan usaha dengan menjual berbagai produk makanan, minuman dan barang kebutuhan hidup lainnya. Lebih dari 200 produk  makanan dan barang kebutuhan hidup lainnya tersedia dengan harga bersaing, memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari.
Tania Mart juga menjalin kerjasama dengan beberapa supplier produk diantaranya Silverqueen, Prima, SOSRO, Coca cola, Walls, Yoghurt, Susu Murni, Susu Kedelai, Yakult, Garuda Food.
1.1.4    Inventarisasi Peralatan Tania Mart
NO.
NAMA BARANG
JUMLAH
KETERANGAN
1
Gondola 150  cm (single)
3

2
Gondola Double
3

3
Rak Chiki
2

4
Etalase
1

5
Timbangan Digital
1

6
Mesin Press plastik
1

7
Plastik  Buah/roll
1

8
Plastik Lid Seal
1

9
Notebook
1

10
Stempel Lunas
2

11
Meja Kasir
1

12
Price labeling
1

13
Isi gantungan aksesoris
48

14
Display  Aksesoris
2

15
Cash register
1

16
Mesin Perekat plastik buah
1

17
Solasiban plastik buah
2

18
Lemari Arsip
1

19
Pembatas Gondola
36

20
Label Harga Gondola
36

21
Kunci Gembok
4

22
Foam buah
50

23
Dispenser
1

24
Tempat Sampah
1

25
Kemoceng
1

26
Serok Sampah
1

27
Keset Tania
2

       
1.2       TUJUAN          
1.2.1   Tujuan Pelaksanaan Tugas Produktif
a.       ......................................................................
b.      ......................................................................
c.       ......................................................................
1.2.2   Tujuan Pembuatan Laporan   
a.     ......................................................................
b.    ......................................................................
c.     ......................................................................


BAB II
PROSES PELAKSANAAN


2.1    Waktu Dan Tempat Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan jam 07.00 s/d 15.00 WIB, Tanggal 21 Februari 2013 dan tempat pelaksanaan di Tania Mart.
2.2     Alat Dan Perlengkapan         
Alat :
a.       ...............................
b.      ...............................
c.       ...............................
Perlengkapan
a.       ...............................
b.      ...............................
c.       ...............................
2.3    Sketsa Kerja
    
2.4    Proses Kerja    
2.4.1        Melakukan Proses Administrasi Transaksi
a.       Nota penjualan
Pada tanggal 15 februari faktur produk prima sebesar Rp. 200.000,-........................................................................................................................................................................................................
b.      Kartu stok harian
No.
Nama produk
Unit
Harga
laba
Profit margin
Jual
beli



Stik karunia
50
1000
800
200
20%








c.       Penjualan harian
No.
Nama produk
Unit
Harga
laba
Profit margin
Jual
beli



Stik karunia
50
1000
800
200
20%

Jumlah





2.4.2        Melakukan penjualan usaha ritel
a.      Product consideration
...............................................................................................
b.      Market consideration
...............................................................................................
c.       Company consideration
Tania mart dalam pertimbangan perusahaan dengan menggunakan modal yang dieberikan sekolah kemudian dikembangkan menjadi tania mart yang lebih maju dan dapat bersaing dengan toko/perusahaan yang lain.
d.      Middle consideration
...............................................................................................
2.4.3        Melakukan Pemasaran Barang Dan Jasa
a.      Marketing mix
4P:
Product
Price
Promotion
Place
b.      Segmentasi pasar       
Konsumen :......
2.4.4        Melaksanakan Pelayanan Prima (Service Excelent)         
a.       Standar penampilan pribadi
Kerapian
Kebersihan : fisik dan fisik
Grooming
b.      Pelayanan dengan konsep A3
Attitude
Atention
Action
2.4.5        Mempersiapkan Dan Mengoperasikan Peralatan Transaksi Di Lokasi Penjualan           
a.       Mengoperasikan mesin cash register
Langkah-langkah dalam transaksi....................
b.      Mengoperasikan timbangan digital
........................................................................................................................................................................................................



BAB III
TEMUAN


3.1   Faktor Pendukung Dan Penghambat
a.      Faktor Pendukung
1.      .......................
2.      ......................
3.      .......................
b.      Faktor Penghambat
1.      .......................
2.      ......................
3.      .......................
3.2   Manfaat Yang Dirasakan
1.      .......................
2.      ......................
3.      .......................
3.3     Pengembangan/Tindak Lanjut           
1.      .......................
2.      ......................
3.      .......................


BAB IV
PENUTUP


4.1. Kesimpulan
1.         .......................
2.         ......................
3.         .......................
4.2. Saran      
1.         .......................
2.         ......................
3.         .......................



LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.      Laporan kasir
2.      Kartu cash register
3.      Stok harian
4.      Penjualan harian
5.      Price labelling
6.      Kartu display
7.      Kartu konsinyasi
8.      Kartu persediaan
9.      Struk tania mart
10.  Nota
11.  Kwitansi
12.  Faktur



TEKNIK PENULISAN
1.     Font                : Times New Roman
2.     Perataan         : Justify
3.     Font Size
Teks                : 12
Judul/Sampul : 14
4.     Font Colour    : Hitam
5.     Margin
Top                 : 4 Cm
Bottom           : 3 Cm
Right               : 3 Cm
Left                 : 4 Cm
6.     Paper Size       : A4 80 Gram/70 gram
7.     Space              : 1,5 Cm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemikiran Mistisisme Rabi'ah Al-adawiyah

@ kata2 cerdas

Perbincangan Qiyas dan Problematikanya