TUGAS
PRODUKTIF
LAPORAN PENJUALAN TANIA MART
TANGGAL 15 FEBRUARI
2013
Diajukan
sebagai Syarat Mengikuti Ujian Akhir Semesester
Tahun
Pelajaran 2012/2013
Oleh:
..........................................
NIS.
.....................................
KELAS
............................
BIDANG KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN
PROGRAM KEAHLIAN TATA NIAGA
KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN
SMK PESANTREN CIWARINGIN
2013
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL............................................................................................................... i
KATA
PENGANTAR............................................................................................................. ii
DAFTAR
ISI........................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................................... 1
1.1.
Latar Belakang........................................................................................................ 1
1.1.1. Gambaran Umum Tania Mart..................................................................... 1
1.1.2. Struktur Organisasi Tania Mart................................................................... 2
1.1.3. Kegiatan Usaha........................................................................................... 3
1.1.4. Inventarisasi Peralatan Tania Mart.............................................................. 4
1.2.
TUJUAN................................................................................................................ 6
1.2.1. Tujuan
Pelaksanaan tugas produktif............................................................ 6
1.2.2. Tujuan
Pembuatan Laporan......................................................................... 6
BAB II PROSES PELAKSANAAN.................................................................................... 7
2.1.
Waktu Dan Tempat Pelaksanaan.......................................................................... 7
2.2.
Alat Dan Perlengkapan........................................................................................ 7
2.3.
Sketsa Kerja......................................................................................................... 7
2.4.
Proses Pengerjaan................................................................................................. 8
2.4.1. Melakukan
Proses Administrasi Transaksi................................................ 8
2.4.2. Melakukan
Pemasaran Barang Dan Jasa................................................... 14
2.4.3. Melakukan
pemasaran usaha ritel..............................................................
15
2.4.4. Melaksanakan
Pelayanan Prima (Service Excelent)................................... 16
2.4.5. Mempersiapkan
Dan Mengoperasikan Peralatan Transaksi Di Lokasi Penjualan 18
BAB III TEMUAN................................................................................................................ 20
3.1.
Faktor Pendukung Dan Penghambat................................................................. 20
3.2.
Manfaat Yang Dirasakan................................................................................... 20
3.3.
Pengembangan/Tindak Lanjut........................................................................... 21
BAB V PENUTUP................................................................................................................. 23
4.1. Kesimpulan......................................................................................................... 23
4.2. Saran................................................................................................................... 23
LAMPIRAN-LAMPIRAN
LEMBAR PERSETUJUAN
LAPORAN PENJUALAN TANIA MART
TANGGAL 15 FEBRUARI 2013
Kompetensi Keahlian :
Pemasaran
Program Keahlian
: Tata Niaga
Diajukan
Oleh:
...........................................
NIS.
...........................................
KELAS.
...........................................
Menyetujui,
KAPROG TATA NIAGA PEMBIMBING
Qurrotul
Uyun, SE., ME.Sy. Sri Wahyuningsih, S.Pd.
Mengetahui,
Kepala
SMKP Ciwaringin
Drs.
Sahidi, M..Si
KATA
PENGANTAR
Dengan
segala puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT. atas segala rahmat yang
diberikan, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan penjualan tanggal 21
Januari 2013.
Pada
kesempatan ini, penulis ingin
menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada
berbagai pihak yang telah membantu menyelesaikan laporan penjualan ini. Ucapan
terima kasih dan penghargaan penulis sampaikan kepada:
1. Kepala
Sekolah
2. Wakahubin
3. Kaprog
Tata Niaga
4. Guru
Produktif Tata Niaga SMK Pesantren Ciwaringin
5. Kedua
Orang Tua
6. ....
Penulis menyadari masih
banyak kekurangan dalam penulisan laporan ini, karena keterbatasn penulis,
untuk itu kritik dan saran yang bersifat
membangun demi penyempurnaan laporan ini. Akhirnya semoga laporan penjualan ini
dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan.
Ciwaringin, April 2013
Penulis,
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
1.1.1
Gambaran
Umum Tania Mart
Tania Mart adalah
sebuah usaha ritel dengan format mini market yang didirikan oleh SMK Pesantren
Ciwaringin Program Keahlian Tata Niaga. Nama Tania Mart adalah akronim dari
kata Tata Niaga yang merupakan salah satu program keahlian di SMK Pesantren
Ciwaringin.
Tania Mart di resmikan
pada tanggal 26 September 2012 dengan tujuan sebagai tempat praktek siswa Tata
niaga untuk menerapkan teori dan praktek dalam dunia usaha. Gerai ini menjual
berbagai produk makanan, minuman dan barang kebutuhan hidup lainnya. Lebih dari
200 produk makanan dan barang kebutuhan
hidup lainnya tersedia dengan harga bersaing, memenuhi kebutuhan konsumen
sehari-hari.
Sejarah
Tania Mart ini berawal dari
kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
1. BAZAR
PRODUK SISWA, tanggal 14 Juni s/d 17 Juni 2012.
Pada bazar yang pertama kali
dilaksanakan mempunyai tujuan menyelaraskan antara teori dan praktek dan
memperkenalkan dan menjual produk-produk hasil kreasi siswa tata niaga yaitu
berbagai macam tas, aksesoris, dan makanan ringan.
2. BAZAR
MOS, Tanggal 9 Juli s/d 14 Juli 2012.
Pada bazar yang kedua dilaksanakan
dengan tujuan menyediakan produk persyaratan-persyaratan Masa Orientasi Siswa
(MOS) SMK Pesantren Ciwaringin. Dalam bazar ini menjual produk yang lebih
bervariasi dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak seperti Toko Gunung
Agung, Grosir boneka dan aksesoris dengan sistem konsinyasi.
3. BAZAR
MUNAS NU di Kempek, Tanggal 14 September s/d 17 September 2012.
Pada bazar yang terakhir dilaksanakan
dengan tujuan untuk memperkenalkan program keahlian Tata Niaga SMK Pesantren
Ciwaringin kepada masyarakat umum. Dalam bazar ini menjual produk yang lebih
bervariasi dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak seperti Sosro, Prima
dan produk supply siswa dengan sistem
konsinyasi.
1.1.2 Struktur Organisasi Tania Mart
1.1.3 Kegiatan Usaha
Tania Mart melakukan kegiatan usaha dengan
menjual berbagai produk makanan, minuman dan barang kebutuhan hidup lainnya.
Lebih dari 200 produk makanan dan barang
kebutuhan hidup lainnya tersedia dengan harga bersaing, memenuhi kebutuhan
konsumen sehari-hari.
Tania Mart juga menjalin kerjasama
dengan beberapa supplier produk diantaranya Silverqueen,
Prima, SOSRO, Coca cola, Walls,
Yoghurt, Susu Murni, Susu Kedelai, Yakult, Garuda Food.
1.1.4 Inventarisasi Peralatan Tania Mart
NO.
|
NAMA BARANG
|
JUMLAH
|
KETERANGAN
|
1
|
Gondola 150 cm (single)
|
3
|
|
2
|
Gondola Double
|
3
|
|
3
|
Rak Chiki
|
2
|
|
4
|
Etalase
|
1
|
|
5
|
Timbangan Digital
|
1
|
|
6
|
Mesin Press plastik
|
1
|
|
7
|
Plastik Buah/roll
|
1
|
|
8
|
Plastik Lid Seal
|
1
|
|
9
|
Notebook
|
1
|
|
10
|
Stempel Lunas
|
2
|
|
11
|
Meja Kasir
|
1
|
|
12
|
Price labeling
|
1
|
|
13
|
Isi gantungan aksesoris
|
48
|
|
14
|
Display Aksesoris
|
2
|
|
15
|
Cash register
|
1
|
|
16
|
Mesin Perekat plastik buah
|
1
|
|
17
|
Solasiban plastik buah
|
2
|
|
18
|
Lemari Arsip
|
1
|
|
19
|
Pembatas Gondola
|
36
|
|
20
|
Label Harga Gondola
|
36
|
|
21
|
Kunci Gembok
|
4
|
|
22
|
Foam buah
|
50
|
|
23
|
Dispenser
|
1
|
|
24
|
Tempat Sampah
|
1
|
|
25
|
Kemoceng
|
1
|
|
26
|
Serok Sampah
|
1
|
|
27
|
Keset Tania
|
2
|
|
1.2 TUJUAN
1.2.1 Tujuan Pelaksanaan Tugas Produktif
a.
......................................................................
b.
......................................................................
c.
......................................................................
1.2.2 Tujuan Pembuatan Laporan
a.
......................................................................
b.
......................................................................
c.
......................................................................
BAB II
PROSES PELAKSANAAN
2.1
Waktu
Dan Tempat Pelaksanaan
Waktu
pelaksanaan jam 07.00 s/d 15.00 WIB, Tanggal 21 Februari 2013 dan tempat
pelaksanaan di Tania Mart.
2.2
Alat Dan Perlengkapan
Alat
:
a.
...............................
b.
...............................
c.
...............................
Perlengkapan
a.
...............................
b.
...............................
c.
...............................
2.3
Sketsa
Kerja
2.4
Proses
Kerja
2.4.1
Melakukan Proses Administrasi Transaksi
a.
Nota penjualan
Pada
tanggal 15 februari faktur produk prima sebesar Rp. 200.000,-........................................................................................................................................................................................................
b.
Kartu stok harian
No.
|
Nama produk
|
Unit
|
Harga
|
laba
|
Profit margin
|
|
Jual
|
beli
|
|
|
|||
|
Stik karunia
|
50
|
1000
|
800
|
200
|
20%
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Penjualan harian
No.
|
Nama produk
|
Unit
|
Harga
|
laba
|
Profit margin
|
|
Jual
|
beli
|
|
|
|||
|
Stik karunia
|
50
|
1000
|
800
|
200
|
20%
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
2.4.2
Melakukan penjualan usaha ritel
a.
Product
consideration
...............................................................................................
b.
Market
consideration
...............................................................................................
c.
Company
consideration
Tania mart dalam
pertimbangan perusahaan dengan menggunakan modal yang dieberikan sekolah
kemudian dikembangkan menjadi tania mart yang lebih maju dan dapat bersaing
dengan toko/perusahaan yang lain.
d.
Middle
consideration
...............................................................................................
2.4.3
Melakukan Pemasaran Barang Dan Jasa
a.
Marketing
mix
4P:
Product
Price
Promotion
Place
b. Segmentasi
pasar
Konsumen
:......
2.4.4
Melaksanakan Pelayanan Prima (Service Excelent)
a. Standar
penampilan pribadi
Kerapian
Kebersihan
: fisik dan fisik
Grooming
b. Pelayanan
dengan konsep A3
Attitude
Atention
Action
2.4.5
Mempersiapkan Dan Mengoperasikan
Peralatan Transaksi Di Lokasi Penjualan
a. Mengoperasikan
mesin cash register
Langkah-langkah
dalam transaksi....................
b. Mengoperasikan
timbangan digital
........................................................................................................................................................................................................
BAB III
TEMUAN
3.1 Faktor Pendukung Dan Penghambat
a. Faktor Pendukung
1.
.......................
2.
......................
3.
.......................
b. Faktor Penghambat
1.
.......................
2.
......................
3.
.......................
3.2 Manfaat Yang Dirasakan
1. .......................
2. ......................
3. .......................
3.3 Pengembangan/Tindak Lanjut
1. .......................
2. ......................
3. .......................
BAB IV
PENUTUP
4.1.
Kesimpulan
1.
.......................
2.
......................
3.
.......................
4.2.
Saran
1.
.......................
2.
......................
3.
.......................
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Laporan
kasir
2.
Kartu
cash register
3.
Stok
harian
4.
Penjualan
harian
5.
Price
labelling
6.
Kartu
display
7.
Kartu
konsinyasi
8.
Kartu
persediaan
9.
Struk
tania mart
10. Nota
11. Kwitansi
12. Faktur
TEKNIK PENULISAN
1.
Font : Times New Roman
2.
Perataan : Justify
3.
Font Size
Teks :
12
Judul/Sampul : 14
4.
Font Colour : Hitam
5.
Margin
Top :
4 Cm
Bottom :
3 Cm
Right :
3 Cm
Left :
4 Cm
6.
Paper Size : A4 80 Gram/70 gram
7.
Space : 1,5 Cm
Komentar
Posting Komentar