PELAYANAN PRIMA

MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELAS XI
SMK PESANTREN CIWARINGIN

CONTOH KASUS:

1.     Di area penjualan ada seorang pembeli memeriksa meneliti, mempertimbangkan terhadap barang-barang yang akan dibelinya. Pembeli tersebut memegang barang-barang yang di-display. Namun, sayang pembeli tersebut sulit untuk memutuskan untuk melakukan pembelian, pembeli hanya diam, merasa bingung, dan tidak bertanya kepada petugas penjualan.Bagaimana perilaku anda sebagai seorang pramuniaga, untuk melayani calon pelanggan sedang bingung  ?
2.     Teknisi anda baru saja menjatuhkan notebook yang akan dikirim hari ini kepada pembeli. Akibatnya, terjadi keretakan pada layar komputer tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kerusakan akibat kelalaian tentu saja tidak akan digaransi oleh vendor. Untuk melakukan pemesanan barang pengganti memerlukan waktu 7 hari lagi. Bagaimana anda menyampaikan hal tersebut kepada pelanggan!
3.     Pada minggu, 28 oktober lalu sekitar pukul 10.45, kami sekeluarga berbelanja di carrefour jakarta selatan. Beberapa langkah menjelang kami meninggalkan eskalator, terdengar suara troli meluncur dari atas ke bawah dan mengenai bagian belakang pinggang anak saya. Kejadian ini sangat membahayakan pelanggan carrefour. Bagaimana tindakan anda jika menjadi manajer carrefour dengan kejadian tersebut!
4.     Pada 14 oktober 2012 seorang konsumen berbelanja di giant. Pada saat itu membeli sandal merek Mcarthur dengan harga tertempel Rp. 39.900,- saat membayar dikasir harga sandal menjadi Rp. 119.000, kemudian konsumen bertanya mengapa ada perbedaan. Bagaimana anda menyikapi dengan adanya perbedaan harga?
5.     Pada tanggal 17 agustus, seorang konsumen membeli telepon pintar advan dengan garansi resmi advan. Dua minggu setelah memakainya tiba-tiba perangkat tersebut mati total. Bagaimana pendapat anda tentang pelayanan purnajual advan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemikiran Mistisisme Rabi'ah Al-adawiyah

@ kata2 cerdas

Perbincangan Qiyas dan Problematikanya