PELAYANAN PRIMA
MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELAS XI
SMK PESANTREN CIWARINGIN
CONTOH KASUS:
SMK PESANTREN CIWARINGIN
CONTOH KASUS:
1.
Di area penjualan
ada seorang pembeli memeriksa meneliti, mempertimbangkan terhadap barang-barang
yang akan dibelinya. Pembeli tersebut memegang barang-barang yang di-display. Namun, sayang pembeli tersebut
sulit untuk memutuskan untuk melakukan pembelian, pembeli hanya diam, merasa
bingung, dan tidak bertanya kepada petugas penjualan.Bagaimana perilaku anda
sebagai seorang pramuniaga, untuk melayani calon pelanggan sedang bingung ?
2.
Teknisi
anda baru saja menjatuhkan notebook yang akan dikirim hari ini kepada pembeli.
Akibatnya, terjadi keretakan pada layar komputer tidak dapat berfungsi
sebagaimana mestinya. Kerusakan akibat kelalaian tentu saja tidak akan
digaransi oleh vendor. Untuk melakukan pemesanan barang pengganti memerlukan
waktu 7 hari lagi. Bagaimana anda menyampaikan hal tersebut kepada
pelanggan!
3.
Pada minggu, 28 oktober lalu sekitar pukul 10.45, kami
sekeluarga berbelanja di carrefour jakarta selatan. Beberapa langkah menjelang
kami meninggalkan eskalator, terdengar suara troli meluncur dari atas ke bawah
dan mengenai bagian belakang pinggang anak saya. Kejadian ini sangat
membahayakan pelanggan carrefour. Bagaimana tindakan anda jika menjadi manajer
carrefour dengan kejadian tersebut!
4.
Pada 14 oktober 2012 seorang konsumen berbelanja di giant.
Pada saat itu membeli sandal merek Mcarthur dengan harga tertempel Rp. 39.900,-
saat membayar dikasir harga sandal menjadi Rp. 119.000, kemudian konsumen
bertanya mengapa ada perbedaan. Bagaimana anda menyikapi dengan adanya
perbedaan harga?
5.
Pada tanggal 17 agustus, seorang konsumen membeli telepon
pintar advan dengan garansi resmi advan. Dua minggu setelah memakainya
tiba-tiba perangkat tersebut mati total. Bagaimana pendapat anda tentang
pelayanan purnajual advan?
Komentar
Posting Komentar